WELCOME TO MY BLOG... :))) BUTUH PERJUANGAN DALAM MENGARUNGI HIDUP, BUAT YANG TERBAIK DALAM HIDUPMU.....

Senin, 29 Juli 2013

Feskeda Se-Indonesia Timur



Festival Kesenian Daerah Se-Indonesia Timur 2013 berlangsung selama 19-23 Juni 2013 dan diikuti oleh 16 peserta, yaitu Sanggar Seni Laleng Benteng Sinjai, Sanggar Seni Tana Masseddi Sinjai, Sanggar Seni Kallolo Sinjai, Himpunan Waria Kreatif Sinjai, Sanggar Seni Lembang Cina Bantaeng, Sanggar To Warani STIKIP Bone, Sanggar Seni Saorenni Bone, Sanggar Seni Arung Palakka Bone, Sanggar Seni To Riolo Kajang Bulukumba, Sanggar Seni Teater Kosong 82 Wajo, Sanggar Seni Kalula Ammaseang PSD UNM, Pakkarena Unhas Makassar, UKM Seni Tari Unhas Makassar, Sanggar Babullah Ternate, Maluku Utara, dan Sanggar Seni I Production Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Peserta Festival ini menginap di rumah-rumah warga Sinjai sekitaran gedung yang berjumlah 11 rumah yang telah disiapkan oleh kami selaku panitia pelaksana dan lengkap dengan konsumsi berat selama 5 hari pelaksanaan kegiatan.
      Rabu, 19 Juni 2013 merupakan hari dimana pelaksanaan technical meeting dilaksanakan, ada 15 peserta yang mengikuti technical meeting tersebut dari total peserta sebanyak 16. Technical meeting ini terlaksana mulai pukul 16.00 wita sampai dengan 18.00 wita yang bertempat di Gedung Pertemuan Kab.Sinjai.

      Kamis, 20 Juni 2013 adalah hari pertama rangkaian kegiatan dilaksanakan. Seminar Kebudayaan alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan waktu yang telah direncanakan, yaitu mulai pukul 10.00-13.00 wita yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kab.Sinjai. Peserta seminar ini dari seluruh peserta Festival Kesenian Daerah Se-Indonesia Timur 2013 dan juga dihadiri oleh pelajar serta masyarakat umum di Kab.Sinjai. Adapun pemateri dari kegiatan ini Arifin Mangkasau (akademisi) yang merupakan pemateri I, Ridwan Aco (/pemerhati seni/koreografer) adalah pemateri II dengan dimoderatori oleh Muh.Basri / Puang Lolo (budayawan Sinjai).
Setelah pagi telah dilaksanakannya seminar kebudayaan, malam harinya merupakan malam pembukaan Festival Kesenian Daerah Se-Indonesia Timur 2013 yang juga bertempat di Gedung Pertemuan Kab.Sinjai. Pembukaan ini dihadiri oleh seluruh peserta kegiatan, masyarakat Sinjai, dan tamu undangan (organisasi-organisasi, pejabat-pejabat di lingkup pemda Sinjai). Pembukaan yang sedianya dilaksanakan pada pukul 19.30 wita tersebut dan dihadiri / dibuka langsung oleh Bapak Bupati Sinjai (A.Rudianto Asapa, SH. LLM) akhirnya diundur sampai pada pukul 21.00 wita yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kab.Sinjai (Ibu Dra.Mas Ati) karena berhubung kesehatan Bapak Bupati tidak dalam kondisi terbaik. Setelah rangkaian sambutan, akhirnya pembukaan Festival Kesenian Daerah Se-Indonesia Timur telah resmi yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Kadisdikpora Kab.Sinjai. Pembukaan Festival ini juga menampilkan persembahan tari selama 3 menit dari seluruh peserta Festival Kesenian Daerah Se-Indonesia Timur 2013. Acara pembukaan ini berakhir sekitar pukul 00.15 wita.
      Jum’at, 21 Juni 2013 merupakan hari pelaksanaan lomba karnaval kebudayaan. Sekitar pukul 16.00 wita karnaval tersebut dilepas langsung oleh Bapak Kepala Bagian Pemerintahan Kab.Sinjai (Bapak Lukman Mannan) dengan pemotongan pita di garis start (Gedung Pertemuan Kab.Sinjai) yang sebelumnya sedianya dilepas oleh Bapak Camat Sinjai Utara (A.Halilintar Badong). Karnaval ini diikuti sebanyak 14 peserta dari total 16 peserta Festival Kesenian Daerah Se- Indonesia Timur 2013, kecuali dari Sanggar Lembang Cina (Kab.Bantaeng) dan Sanggar I Production (Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur). Peserta karnaval tersebut mengitari rute yang telah ditentukan, yaitu start dimulai di Gedung Pertemuan Kab.Sinjai – Jl.Persatuan Raya ke arah utara – Jl.Sungai Tangka – Jl.H.Agus Salim – Jl. Emmy Saelan – dan berakhir kembali di Gedung Pertemuan Kab.Sinjai dengan seluruh peserta sekitar pukul 18.15.
      Sabtu, 22 Juni 2013 adalah hari pelaksanaan lomba tari kreasi daerah. Kegiatan tersebut terlaksana pada malam minggu sekitar pukul 19.30 wita dengan penampilan pertama dari oleh Sanggar Seni I Production (Kab.Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur), kemudian diakhiri oleh Sanggar Seni To Riolo Kajang sekitaran pukul 00.30 wita. Lomba ini dinilia langsung oleh dewan juri yang terdiri dari Bapak Ridwan Aco, Bapak Yunus Ahmad, dan Bapak Alwi Sabani.
      Minggu, 23 Juni 2013. Bakti sosial (penanaman bakau) yang merupakan rangkaian terakhir dari seluruh kegiatan Festival Kesenian Daerah Se-Indonesia Timur. Kegiatan ini tidak dapat terlaksana dengan baik karena keterlambatan peserta untuk kumpul dan berangkat dari jadwal yang telah ditentukan, yaitu dari pukul 07.00 wita mundur hingga pukul 09.00. Setelah tiba di lokasi penanaman (Baringeng, Kec.Sinjai Timur), dan karena air sudah mencapai dada orang dewasa, akhirnya dialihkan menjadi tur wisata. Dari lokasi penanaman, peserta dibawa ke Taman Purbakala Batu Pake’ Gojeng Kec.Sinjai Utara. Di tempat tertinggi Sinjai Utara tersebut peserta diberi keleluasaan untuk menikmati view Sinjai dari ketinggian. Memasuki pukul 12.30 wita peserta dan panitia makan bersama sebelum akhirnya di bawa pulang ke pondokan masing-masing oleh bus pemerintah daerah Sinjai. Malam harinya sekira pukul 20.00 wita merupakan malam dimana penutupan Festival Kesenian Daerah Se-Indonesia Timur 2013 dilaksanakan. Penutupan ini diisi berbagai acara tambahan, yaitu apresiasi seni dari berbagai peserta, pemutaran rangkaian kegiatan, sambutan dan pengumuman pemenang lomba. Festival Kesenian Daerah Se- Indonesia Timur ditutup langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas komunikasi, informatika, kebudayaan, dan pariwisata Sinjai (Bapak Lukman Dahlan). Akhir dari kegiatan ini sekitar pukul 22.30 wita di Gedung Pertemuan Kab.Sinjai.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar